Apakah Makan Seafood Adalah Kunci untuk Hidup Lebih Lama?

Fresh catch of fish and other seafood close-up

Haruskah kita memancing untuk mendapat makanan sehat agar memiliki kehidupan yang lebih panjang dan sehat?

Diketahui bahwa orang Jepang adalah salah satu ras yang memiliki hidup terpanjang dan sebagian disebabkan oleh diet padat ikan dan rumput laut. Ilmuwan kelautan dan ahli penggunaan terapi ekstrak kelautan terkemuka dunia, John Croft, menjelaskan bahwa cara makan ini telah lama menjadi penelitian para ahli gizi dan ahli kesehatan yang mencari cara untuk meningkatkan kepanjangan hidup melalui diet.

“Laut menawarkan potensi besar untuk pengobatan masa depan, dan juga mungkin pencegahan sejumlah penyakit dan gangguan yang sekarang melanda kita,” katanya.

Fresh catch of fish and other seafood close-up

Rata-rata orang Jepang makan hingga 70 kg ikan per tahun, tapi rekomendasi yang lebih realistis adalah untuk memperhatikan kualitas, bukan hanya kuantitas, kata John.

“Jumlah konsumsi seafood mingguan yang direkomendasikan bervariasi, tergantung pada jenis yang kita makan,” katanya. “adalah baik untuk makan berbagai jenis ikan tetapi Anda harus makan lebih banyak ikan rendah merkuri, seperti ikan teri, salmon, tiram dan udang, dan lebih sedikit mengkonsumsi ikan tinggi merkuri seperti tuna, ikan kakap putih dan ikan todak,” ia menjelaskan.

Makanan laut mana yang harus Anda pilih?

Ikan salmon

Salmon adalah ikan rendah lemak, tinggi protein dan mengandung tingkat asam lemak omega-3 sehat yang membantu menjaga kesehatan jantung dan membantu fungsi otak dan sistem saraf.

Kerang

“Kerang mengandung kadar sehat Vitamin B12 dan C, ditambah glikogen, asam lemak esensial, chondroitin sulfat dan protein penting. Kerang bibir hijau dari Selandia Baru menyediakan komponen alami tertentu yang telah terbukti membantu menjaga mobilitas sendi,” kata John. “Kerang ini telah digunakan untuk membuat ekstrak kerang bibir hijau, yang dapat membantu meringankan gejala osteoarthritis ringan dan rematik.”

Udang

Udang adalah sumber protein rendah lemak dan mengandung kalsium, kalium, omega-3 dan vitamin A dan B. “Tidak hanya memberi tubuh Anda saja asam lemak omega-3, tetapi mereka juga memberikan beberapa manfaat kesehatan besar seperti mengurangi peradangan,” John menjelaskan. “Penelitian juga menemukan bahwa mereka dapat berkontribusi untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan arthritis.”

Tiram

Rendah lemak dan tinggi protein, tiram mengandung nutrisi sehat seperti selenium antioksidan, seng yang meningkatkan kekebalan tubuh, zat besi yang memberi energi, dan vitamin B, ditambah magnesium untuk otot dan fungsi saraf yang sehat. “Mereka juga merupakan sumber vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang serta membantu mengurangi risiko diabetes dan tekanan darah tinggi,” kata John.

Remis

Remis merupakan sumber vitamin B12, yang mendukung suasana hati dan tingkat energi dan penting untuk kesehatan kognitif. “Hal ini juga membantu mengurangi kadar bahan kimia yang disebut homosistein,” John menjelaskan. “Kandungan yodium dari remis ini memainkan peran penting dalam kesehatan tiroid dan pada metabolisme.”

Rumput laut

Rumput laut dianggap sebagai salah satu sayuran yang paling sehat di dunia, karena tinggi protein, serat dan mineral. Satu rumput laut, khususnya, Undaria pinnatifida (Wakame di Jepang), memiliki beberapa sifat gizi dan terapi yang benar-benar berharga.

Bubuk rumput laut besar

Berasal dari rumput laut, bubuk rumput laut merupakan sumber alami yang kaya yodium. Kekurangan yodium sangat umum terjadi pada wanita. John mencatat bahwa hal itu tersedia dalam bentuk bubuk yang dapat ditemukan di toko makanan kesehatan setempat, dan rasanya sangat baik ditaburkan di atas makanan seperti nasi.

Tuna

Mengenai protein dan mineral, tuna kaleng memang mengandung dua kandungan tersebut, John meyakinkan. Namun, ia mengatakan tuna kaleng juga harus menyediakan asam lemak omega-3. “Jika belum ditangani dan diproses secara hati-hati ini mungkin telah teroksidasi dan tidak bergizi. Saya berpikir bahwa membeli [kaleng tuna] dengan merek terpercaya dan membaca label dengan hati-hati adalah hal yang penting.”