Jahe + Serai dalam Sup Thailand dengan Tahu Renyah dan Nasi

Preparation time
30 mins
Cooking time
60 mins
Difficulty
moderate
Serves
4 people
Meal course
Lunch
Posted by
Posted on
4 porsi
Nasi Merah
1 scukupnya
Kacang Tanah
1 scukupnya
Daun Ketumbar
1 scukupnya
Lada Putih
1 scukupnya
Garam
1 buah
Jeruk Nipis
1 cup
Santan Kelapa
3 cup
Kaldu Ayam
1 tangkai
Serai
1 ruas
Jahe
4 siung
Bawang Putih
1 ikat
Daun Bawang
2 buah
Wortel
1 buah
Bawang Bombay
1 sdm
Minyak Wijen
1 sdm
Madu
1/4 cup
Kecap Manis
1 paket
Tahu Putih
2 sdt
Minyak Kelapa
Jahe + Serai dalam Sup Thailand dengan Tahu Renyah dan Nasi

Masakan yang satu ini enak disantap saat masih panas. Dengan kehangatan dari jahe dan keharuman dari serai pasti akan menambah nafsu makan Anda. Bisa juga untuk ide menu buka puasa atau sahur.

** Jika Anda ingin menyimpan sisa makanan ini, sebaiknya pisahkan sup, tahu, dan nasinya. Nasi suka menyerap cairan dan jika Anda menyimpan nasi yang sudah tercampur dengan sup di lemari es, Anda tidak akan mendapatkan banyak kaldu yang tersisa saat Anda memanaskannya kembali.

  1. Potong tahu menjadi kotak-kotak dan letakkan di mangkuk berukuran sedang. Campur kecap, madu, dan minyak wijen bersama dalam mangkuk kecil. Sementara itu panaskan 1 sdt minyak kelapa di atas wajan dengan api sedang. Tuangkan campuran kecap di atas tahu yang sudah dipotong-potong dan aduk untuk memastikan masing-masing potongan terlapisi secara merata. Masukkan tahu ke wajan panas dan goreng hingga coklat di semua sisi, sekitar 15 menit. Pindahkan tahu dari wajan dan sisihkan. *Tips: Kunci agar tahu benar-benar renyah adalah tidak membolak-balik terlalu sering. Goreng tahu dan biarkan masak selama 5-7 menit, balikkan ke sisi berikutnya selama 3-4 menit, dan ulangi untuk dua sisi yang tersisa.
  2. Panaskan sisa 1 sdt minyak kelapa di dalam panci. Tambahkan bawang bombay dan wortel yang sudah dipotong-potong dan masak sampai lembut dan harum. Tambahkan setengah dari daun bawang cincang (sisihkan sisanya untuk hiasan), bawang putih cincang, jahe yang sudah dikupas dan dicincang, dan serai utuh yang sudah dimemarkan. Masak selama 2-3 menit sampai harum. Tambahkan kaldu dan santan dan aduk sampai mendidih. Setelah mendidih, kecilkan apinya dan masak selama 15 menit.
  3. Angkat serai dari panci dan aduk. Bumbui sup dengan garam dan lada secukupnya dan tambahkan air perasan jeruk nipis. Sajikan nasi di setiap mangkuk, tuangkan sup ke atas nasi, dan bubuhi dengan tahu, daun bawang, daun ketumbar, dan kacang. Siap dinikmati!

No comments yet, be the first to leave one!

Leave a Reply

Note: Comments on the web site reflect the views of their respective authors, and not necessarily the views of this web portal. Members are requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice or explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *

*
*